Senin, 08 Juni 2009

Naruto

About Naruto

Sinopsis


tiga belas tahun sebelum cerita ini dimulai, seekor monster rubah ekor sembilan bernama Kyuubi menyerang Konoha, sebuah desa shinobi yang terletak di negara Api. Kekacauan terjadi di desa Konoha dan korban jiwa mulai berjatuhan, sebelum akhirnya pemimpin desa Konoha, Hokage Ke-4, mengalahkan monster itu dengan mengorbankan dirinya untuk menyegel rubah ekor sembilan ke dalam tubuh seorang anak yang baru lahir, Naruto Uzumaki.

Hokage Ke-4 kemudian diakui sebagai pahlawan yang telah mengorbankan nyawa demi desa Konoha, tapi tidak dengan Naruto, yang tubuhnya dikorbankan sebagai tempat penyegelan Kyuubi. Semua orang di desa menjauhi Naruto dan menganggapnya sebagai jelmaan rubah ekor sembilan. Hokage Ke-3, yang menjabat kembali menggantikan Hokage Ke-4, membuat peraturan yang melarang penduduk desa menceritakan kisah penyerangan dan penyegelan Kyuubi kepada siapapun, termasuk kepada anak mereka sendiri. Namun citra "monster" terlanjur melekat dalam diri Naruto; ia tetap dijauhi dan dihindari.

Sebagai hasilnya, Naruto tumbuh sebagai seorang anak yatim piatu yang kesepian, tanpa teman, keluarga, atau pengakuan dari siapapun. Tidak ada orang yang memperhatikannya, sehingga sering kali ia mencari perhatian dengan melakukan hal-hal yang bodoh atau berbuat jahil. Namun, kehidupan Naruto berubah setelah ia dinyatakan lulus dari Akademi Ninja dan menggunakan jurus terlarang Kage Bunshin no Jutsu untuk menyelamatkan gurunya, Iruka Umino, dari kematian. Kejadian tersebut mengubah arah hidupnya dan membuatnya diakui sebagai seorang ninja berbakat di desa Konoha.

Tokoh

  • Naruto Uzumaki

Naruto
Naruto

Naruto Uzumaki adalah tokoh utama cerita ini. Ia adalah seorang ninja dari desa Konoha, desa militer terkuat di dunia ninja. Naruto dikarakteristikkan sebagai seorang ninja yang penuh kejutan, bersemangat, ceria, hiperaktif, kikuk, lugu, dan sangat ambisius dalam meraih cita-citanya untuk menjadi Hokage, ninja terkuat di Konoha. Dalam tubuh Naruto, tersegel seekor monster rubah ekor sembilan yang pernah menyerang dan hampir menghancurkan desa Konoha. Karena monster yang ada dalam tubuhnya itu lah, ia dijauhi oleh penduduk desa di masa kecilnya hingga ia bertekat membuktikan kepada masyarakat di konoha bahawa ia akan menjadi Hokage agar ia bisa di akui di desa itu, sekaligus menjadi incaran ninja-ninja yang menginginkan kekuatan Kyuubi, si rubah ekor sembilan. Ia sanggat menyukai Sakura Haruno, Namun cintanya bertepuk sebelah tangan karena Sakura lebih menyukai Sasuke ketimbang Naruto.


  • Sakura Haruno

Sakura
Sakura

Sakura adalah salah satu rekan satu tim sekaligus wanita idaman Naruto.Namun ia lebih menyukai Sasuke dari pada Naruto. Dia adalah seorang ninja berbakat yang selalu mendapat nilai sempurna di setiap ujian yang diikutinya. Sakura memiliki kepribadian yang unik dan seringkali ia bertindak diluar nurani untuk menjaga citranya sebagai seorang wanita yang baik dan anggun yang sering disebut dengan " nurani Sakura".


  • Sasuke Uchiha

Sasuke
Sasuke

Sasuke adalah teman satu tim Naruto selain Sakura. Ia adalah seorang ninja berbakat yang selalu menyendiri dan jarang bergaul. Sikapnya yang dingin serta kemampuan bertarung yang tinggi membuatnya digilai banyak wanita terutama Sakura.

Ia memiliki masa lalu yang kelam dan —sama seperti Naruto— hidup sendirian; tanpa teman dan keluarga. Cita-citanya adalah untuk menjadi ninja yang kuat dan membunuh Itachi Uchiha, kakak kandungnya, yang bertanggung jawab atas kematian seluruh keluarganya.


  • Hatake Kakashi

Hatake
Hatake

Kakashi Hatake adalah guru pembimbing sekaligus rekan satu tim Naruto. Meskipun terlihat lemah, ia adalah seorang ninja jenius yang memiliki sharingan, sebuah mata khusus yang ia dapatkan dari almarhum temannya, Obito Uchiha. Dia tipe orang yang santai dan acuh, namun dapat bertindak cepat dan serius apabila diperlukan. Seringkali ia terlihat sedang membaca sebuah buku yang berjudul Icha Icha Paradise! (Datanglah Surga!). Satu hal yang menarik dari Kakashi, entah kenapa mulutnya tidak pernah diperlihatkan kepada pembaca.

Nilai cerita

Kebanyakan nilai-nilai dalam cerita Naruto ditampilkan secara eksplisit melalui dialog ataupun tingkah laku tokoh-tokohnya, hal ini membuat Naruto menjadi cerita yang menarik dan mudah dipahami. Nilai yang paling sering muncul dalam cerita Naruto adalah persahabatan, perasaan saling memahami dan saling melindungi, kesetiaan, kesepian. Naruto, pada awal cerita, merupakan seseorang yang terkucil dan tidak memiliki teman. Ia rela berbuat apapun termasuk menjadi badut di kelasnya untuk mendapatkan teman. Begitu juga dengan Kakashi, yang kehilangan semua temannya; Sasuke, yang seluruh anggota keluarganya dibunuh; Gaara, yang hampir dibunuh teman terdekatnya; Iruka, yang orang tuanya terbunuh Kyuubi; Hinata, yang kekurangan kasih sayang dari keluarganya, dan masih banyak yang lain.

Kisah-kisah tentang pengorbanan dan persaingan (rival) juga sering muncul. "Pengorbanan demi sesuatu yang berharga" begitu menonjol pada episode menyelamatkan Kirigakure dan ujian Chuunin. Sementara itu, nilai persaingan diisi dengan persaingan antara Naruto dengan Sasuke, Kakashi dengan guru Guy, Sakura dengan Ino, Jiraiya dan Tsunade dengan Orochimaru dan lain-lain.

Terminologi

Berikut istilah-istilah yang sering digunakan dalam cerita ini:

Bijuu
Siluman yang berasal dari cakra yg berjumlah besar, berjumlah 9 ekor (Ichibi, Nibi, Sanbi, Yonbi, ???,????,????, dan Kyuubi). Dan menurut para penduduk yang desanya memiliki Bijuu, satu tebasan ekor mereka dapat menyebabkan Tsunami,Gempa, dan bencana besar lainnya.
Chakra
Tenaga yang mengalir dalam tubuh yang tersimpan setelah latihan keras dan bisa digunakan untuk berbagai macam hal; terutama untuk mengeluarkan jutsu.
Jinchuuriki
Orang yang ditubuhnya tersegel bijuu.
Jutsu
Jurus, teknik, sesuatu yang digunakan oleh ninja sebagai serangan maupun pertahanan. Dibagi menjadi tiga, yaitu taijutsu, ninjutsu, dan genjutsu. Yang dimaksud dengan taijutsu adalah teknik dasar ninja berupa gerakan fisik seperti melompat, memukul, atau menendang. Ninjutsu adalah teknik ninja yang menggunakan chakra untuk mengeluarkan jutsu-jutsu dengan elemen tertentu. Sedangkan genjutsu adalah teknik ninja yang mampu membawa musuhnya ke dalam dunia ilusi.
Kuchiyose
Kuchiyose atau "hewan panggilan" (summon) adalah hewan yang dapat dipanggil untuk kemudian digunakan untuk menyerang sebagai senajta ninja. Contohnya adalah ketika Kakashi memanggil sepasukan anjing (dog pack) untuk membantunya melawan Zabuza (versi anime: episode 6 hingga episode 12 dan versi manga dari jilid 3 hingga jilid 6), Jiraiya memangil Gamabunta (raja katak), Orochimaru memanggil Manda (raja ular raksasa), Tsunade memanggil Katsuyu (Siput raksasa) dan Naruto memanggil katak yang merupakan anak dari Gamabunta yaitu Gamakichi (kadang-kadang datang bersama adiknya Gamatatsu yang akhirnya cuma mengganggu saja). Summon juga dapat digabungankan atau berubah bentuk bila bersatu dengan pemanggilnya.
Kunoichi
Ninja perempuan. Seperti Sakura, Ino, Hinata, Tenten, Temari, Tayuya,Tsunade, Shizune, dan masih banyak lagi yang pokoknya ninja perempuan.
Shinobi
Sebutan lain untuk ninja.

1 komentar:

  1. Salam kenal.... Blognya kerenddd... My Blog: http://girls-chienangels.blogspot.com....
    Nice...

    BalasHapus